Apa itu Pasarempah?

Pasarempah adalah wadah bagi komunitas untuk mempromosikan produk dan layanan kreatif yang terinspirasi dari kekayaan rempah-rempah Indonesia maupun narasi Jalur Rempah. Program ini diinisiasi oleh Yayasan Negeri Rempah bersama JMNR sebagai upaya untuk memfasilitasi komunitas-komunitas yang memiliki sumber daya yang potensial untuk dikembangkan agar memiliki nilai tambah ekonomi yang berkelanjutan.

Anda punya produk berbahan dasar rempah Indonesia atau jasa yang terinspirasi dari Jalur Rempah Nusantara? 

Pasarempah menggelar bazaar keliling secara berkala di ruang-ruang publik seperti museum, selasar kampus, forum diskusi, hingga pameran. Selain bazaar komunitas yang berpindah-pindah, Pasarempah memfasilitasi anggotanya dengan membuka gerai online yang bekerjasama dengan blibli.com. Pasarempah mengusung konsep pembagian manfaat secara etis (ethical benefit sharing).

Bagaimana caranya untuk bergabung dengan PASAREMPAH? 

  • Ikuti IG @negerirempah dan @pasarempah untuk mendapatkan informasi seputar rempah dan program yang sedang berjalan.
  • Memiliki produk yang memiliki keterkaitan dengan rempah-rempah, olahannya, maupun narasi Jalur Rempah. (Contoh: bibit rempah, tanaman rempah, bumbu, kuliner lokal, jamu, perawatan tubuh, produk interior, hingga buku-buku humaniora dan memorabilia)
  • Dapat menjelaskan keterkaitan antara produk-produk yang dijual dengan rempah-rempah Indonesia.
  • Bazaar keliling Pasarempah menerapkan konsep pembagian manfaat secara etis. Oleh karena itu, Pasarempah tidak mengenakan biaya sewa tempat. Bagi hasil ditentukan berdasarkan konsinyasi atas transaksi yang terjadi selama kegiatan berlangsung.
  • Memiliki materi foto yang dapat dipergunakan untuk promosi.

Pasarempah bersifat sukarela dan menganut prinsip kerjasama dengan semangat kolaborasi yang saling mendukung dan saling mempromosikan. Pasarempah mengusung konsep pembagian manfaat secara etis (ethical benefit sharing). Untuk mengikuti Pasarempah Keliling maupun Pasarempah Tumpah tidak dikenakan biaya sewa stan. Kontribusi peserta Pasarempah bagi penyelenggara dihitung berdasarkan sistem konsinyasi sebesar 30% dari produk-produk yang terjual selama program berlangsung.

Pasarempah Keliling adalah bazaar yang secara berkala diselenggarakan di ruang-ruang publik seperti museum, selasar kampus, forum diskusi, hingga pameran - mengikuti program Negeri Rempah yang sedang berlangsung (misalnya, konferensi tahunan International Forum on Spice Route). Pasarempah keliling ini berlangsung setidaknya 2-3 hari. 

Pasarempah Tumpah adalah bazaar spontan selama 3-5 jam saja yang diselenggarakan atas dasar kesiapan para anggota menyikapi peluang untuk berinteraksi dengan publik di ajang pesta rakyat atau forum-forum berbasis komunitas lainnya.

Perluas jejaring anda dengan “Pasarempah Blibli”

Pasarempah bekerjasama dengan blibli.com untuk memfasilitasi pelaku UMKM anggota Pasarempah yang ingin mengembangkan bisnis dan produknya ke pasar yang lebih luas baik skala nasional maupun global. Selain bergabung dengan marketplace dan gerai daring yang terpercaya, pengisi Pasarempah juga berkesampatan mengikuti berbagai pelatihan yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis, membuka jejaring dan memperluas wawasan.

Bagi anggota Pasarempah yang ingin mendaftarkan diri di Pasarempah Blibli dapat melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Salinan KTP
  • Salinan NPWP
  • Sertifikat UMKM (bila ada)
  • Nama bank dan nomor rekening

Mari bergabung dengan Pasarempah!