Pasar Rempah, 14-16 Desember 2018

Pasar Rempah merupakan program temu komunitas yang diselenggarakan secara berkala 2 kali setahun di ruang publik. Program ini digagas oleh Yayasan Negeri Rempah sebagai bagian dari program pengembangan jejaring lintas komunitas yang mengedepankan kolaborasi, saling berbagi dan pertukaran pengetahuan. Acara pokok dari Pasar Rempah adalah sesi berbagi dari beragam komunitas dan bazaar aneka karya/produk olahan komunitas yang berbahan dasar rempah maupun yang terinspirasi dari rempah, dengan mengusung semangat menyebarkan virus literasi. Program ini bekerjasama dengan Bellezza Permata Hijau dan Belanga Indonesia.

Wallacea Week, 11-17 October 2018

Kawasan Wallacea yang mencakup pulau Sulawesi, kepulauan Maluku, kepulauan Nusa Tenggara hingga Timor, memiliki potensi keanekaragaman hayati yang berlimpah. Salah satunya adalah rempah-rempah. Tak berlebihan bila para ahli biologi modern masih memiliki ketertarikan yang tinggi untuk dapat menguak kekayaan flora yang belum tercatat maupun belum diteliti. Merayakan keanekaragaman hayati Indonesia terutama yang berada di kawasan Wallacea, Yayasan Negeri Rempah mengajak para pengunjung untuk mengenal kembali beberapa jenis rempah andalan para leluhur – beberapa jenis diantaranya bahkan berperan besar mengubah wajah sejarah peradaban modern.

Jakarta Eat Festival, 30 Agustus - 2 September 2018

Jakarta Eat Festival yang pertama kali digelar di Gandaria City Mall adalah sebuah ajang bagi pecinta kuliner Indonesia. Digagas oleh Femina Group, festival ini membuka ruang untuk pecinta makanan khas Indonesia berdialog dan berbagi tips kreatif untuk memajukan dunia kuliner Indonesia.

Rempah dan Santapan Asia - Menu Atlet Asian Games 2018

Program ini mendukung suksesnya Asian Games 2018 sekaligus memberikan pengetahuan bagi publik tentang kekayaan keberagaman Asia melalui tradisi kulinernya. Program ini bekerjasama dengan Omar Niode Foundation, Akademi Kuliner Indonesia dan Almond Zucchini Cooking Studio.

Andaliman - Raja Rempah Citarasa Danau Toba, 19 Juli 2018

Talkshow dan icip-icip kuliner dalam rangka Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengangkat rempah Andaliman dari Sumatera Utara.

Asian Agriculture and Food Forum, 28-30 Juni 2018

Talkshow, icip-icip kuliner, pasar rempah dan pameran mini menampilkan beberapa jenis rempah, infografik jalur perdagangan rempah. Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo berkunjung ke pameran mini Jalur Rempah.

Pasar Rempah, 26-27 Mei 2018

Pasar Rempah merupakan program temu komunitas yang diselenggarakan secara berkala 2 kali setahun di ruang publik. Program ini digagas oleh Yayasan Negeri Rempah sebagai bagian dari program pengembangan jejaring lintas komunitas yang mengedepankan kolaborasi, saling berbagi dan pertukaran pengetahuan. Acara pokok dari Pasar Rempah adalah sesi berbagi dari beragam komunitas dan bazaar aneka karya/produk olahan komunitas yang berbahan dasar rempah maupun yang terinspirasi dari rempah. Program ini bekerjasama dengan Bellezza Permata Hijau dan Belanga Indonesia.

Jelajah Negeri Rempah - Citarasa Gorontalo, 9-11 Maret 2018

Selama program berlangsung, peserta mengunjungi kebun kemiri, cengkeh, kayumanis, pala dan melihat Balombo; tempat produksi Pahangga, gula aren tradisional di Dulamayo. Termasuk berbincang langsung dengan petani dan pengumpul hasil bumi setempat. Peserta juga menikmati berbagai makanan dan kudapan khas Gorontalo, street snacks Ilabulo, Milu Pulo Putungo, nasi kuning kaldu, ayam bakar iloni dan ikan bala rica atau Bilenthango. Selain itu, peserta diajak melihat langsung proses pendaratan pelbagai ikan segar hasil laut Teluk Tomini di Tempat Pelelangan Ikan Kota Gorontalo. Menyusuri Pasar Sentral, Kampung Cina, Kampung Arab dan kota tua Gorontalo, peninggalan masa kolonial yang banyak mewariskan banyak gedung dan rumah indis. Program ini bekerjasama dengan Omar Niode Foundation.

Rempah dan Kita, 1-16 Maret 2018

Melanjutkan pameran “Rempah dalam Geliat Kebudayaan Indonesia” yang sebelumnya digelar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Negeri Rempah kembali bekerjasama dengan Departemen Arkeologi FIB-UI menggelar pameran mini di ruang publik.

Close Menu